Ornamen Kubah Masjid

Kubah merupakan ciri khas dari sebuah masjid, sehingga untuk membangun itu semua dibutuhkan para kontraktor kubah masjid yang handal. Untuk  para kontraktor sendiri harus mempertimbangkan banyak hal untuk menghasilkan kubah yang sesuai dengan keinginan konsumen.  Kubah pada bangunan masjid atau musholla adalah bangunan yang utama, sehingga dijadikan ikon yang pada bangunan masjid ataupun musholla.

Ornamen dalam bentuk kaligrafi

Dalam bangunan kubah masjid tentu saja mempunyai ornamen sebagai penghias, namun ornamen hiasan yang sering digunakan adalah kaligrafi , ornamen tersebut ditambahkan agar menambah kesan elok pada bangunan masjid. Tidak semua kaligrafi  sangat identik dengan tulisan arab, namun ada yang membuat kaligrafi dengan tulisan abjad yang dimodelkan dengan tulisan arab.  Kaligrafi sendiri memiliki gaya  tulisan yang bermacam- macam.dan Media untuk pembuatan kaligrafi juga berbeda- beda, kalau dulu kaligrafi di tulis menggunakan pena bertinta diatas media kertas ataupun kanvas. Namun pada saat ini seni kaligrafi ditulis pada media logam , kulit , keramik dan lain sebagainya. Dalam penempatan kaligrafi sendiri tidak harus di letakkan di dinding namun juga bisa dipadukan dengan langit- langit kubah masjid. Selain itu kaligrafi juga bisa di padukan pada bagian luar kubah Selain itu dalam proses pewarnaan harus dipersiapkan dan tidak boleh asal- asalan serta bahan dari cat harus memiliki kwalitas, Mengingat  kubah berada di bagian atas jadi harus menggunakan cat yang bagus agar tidak cepat memudar. Untuk itu dalam proses pewarnaan harus memakai cat khusus  agar tahan lam dan juga awet tentunya. Perbedaan harga untuk cat bagian luar maupun dalam tentu saja lebih mahal cat untuk bagian luar. Kaligrafi sendiri memiliki 3 desain, yakni kali grafi yang lenkap dengan ornamennya, ada desain ornamen saja tanpa kaligrafi dan juga kaligrafi yang dikombinasi oleh hiasan awan.

Bahan Pembuatan Kubah Masjid

Tidak hanya ornamen  kaligrafi saja namun bahan untuk pembuatan kubah harus berkwalitas. Memang ada banyak pilihan bahan untuk pembuatannya salah satunya adalah gavalum. Gavalum sendiri  sudah dikenal sejak tahuan 2000 an. Bahan gavalum ini bisa dikatakan sebagai bahan pengganti kayu.  Kubah bahan gavalum ini  tahan panas dengan suhu sekitaran 30 derajat celcius. Selain itu warna dari kubah bahan gavalum ini tidak mudah pudar dan  akan nampak  seperti baru . Selain tahan panas kubah bahan gavalum juga tahan terhadap karat. Bahan gavalum juga tahan terhadap pengasaman sehingga kemungkinan untuk terjadi karatan  sangat rendah. Kubah gavalum ini apabila ditambahkan dengan cat warna akan menjadikan kubah ini  jadi  lebih cantik, tetapi perlu diketahui juga penggunaan dari warna catnya juga harus diperhatikan,  sehingga akan menambahkan nilai estetika atau keindahan dari kubah tersebut.  Selain gavalum ada juga kubah berbahan enamel. Kubah masjid enamel atau kubah porselen merupakan bahan  yang terbuat dari gabungan kaca. Bahan enamel  sendiri memliki karateristik seperti  permukaan yang keras serta halus, diluar itu juga tidak mempunyai pori- pori hingga kawan semuanya  gampang untuk membersikannya. karena tidak ada pori – pori pada bahan enamel, sehingga tak ada ruangan untuk bakteri berkembang. Selain enamel ada juga kubah berbahan alumunium. Kubah alumunium atau biasa disebut dengan kaca patri merupakan salah satu inovasi terbaru dari kubah pada saat ini. Kubah alumunium sendiri merupakan kubah yang memakai  system panel dengan ketebalan yang beraneka ragam ,serta kubah alumunium juga dapat diwarnai dengan berbagai macam warna.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *