Kubah Masjid Kristal

Di beberapa dunia banyak sekali masjid yang dibangun dengan arsitektur megah nan indah.  Seperti contohnya negara Indonesia ini,  salah satunya ialah  masjid megah yakni Masjid Kubah Emas, masjid ini memiliki kubah yang dilapisi oleh emas dan kubah ini merupakan icon dari kota Depok. Banyak sekali material untuk membuat kubah masjid, ada kubah masjid dari bahan enamel. ada yang terbuat dari bahan fiberglass, dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai masjid kristal.

Masjid Kristal

Masjid Kristal letaknya di daerah Taman Tamadun Islam, Pulau Wan Man negara Malaysia. Masjid ini dikenal sebagai masjid kristal karena sebagian masjid ini terbuuat dari kaca dan baja. Masjid ini berdiri mulai tahun 2008 yang lalu.  Luasnya mencapai 2.146 meter persegi dan mampu memuat kurang lebih 1.000 jamaah. Bangunan masjid kristal mempunyai satu kubah besar dan lima kubah kecil yang letaknya berada di sekeliling kubah besar, selain itu juga ada empat menara . Apabila kubah masjid ini terkena pantulan sinar matahari akan  terlihat seperti bongkahan kristal yang sangat besar. Serta pa da malam hari kubah ini akan tetap bersinar layaknya kristal sungguhan karena cahaya yang berada di sekeliling kubah akan memantul sehingga kubah tersebut seperti kristal yang berkilauan.  Mau dilihat dari dekat atau dari jauh kubah tsb akan tetap terlihat sangat cantik. Oleh sebab itu masjid ini disebut dengan masjid kristal, pembangunan masjid ini menghabiskan biaya yang mencapi 80 jt USD atu itu setara dengan 600 miliar. Masjid Kristal ini merupakan salah satu masjid yang menyediakan jaringan WiFi, namun WiFi ini tidak digunakan untuk hal yang negatif lo sobat melainkan digunakan untuk membaca  al-qur’an elektronik bagi turis yg berkunjung ke masjid ini. Apabila anda ingin berkunjung ke masjid ini ssebaiknya pada sore hari, karena pada moment ini anada bisa melihat kubah masjid yang bermandikan cahaya dan moment ini lah cocok untuk diabadikan. Tapi bukan berarti kalau siang masjid ini tak indah, mau siang , pagi ataupun malam masjid ini tetep cantik nan indah. Masjid Kristal ini memberikan kesan yang beda terhadap masjid sebelum- sebelumnya karena masjid ini karena masjid ini dibangun menggunakan material besi, baja dan kristal.

Arsitektur Masjid Kristal

Meskipun masjid ini disebut dengan masjid kristal tapi sebenarnya masjid ini tidak menggunakan sepenuhnya kristal melainkan hanya sebagian. Akan tetapi masjid ini dibangun dengan menggunkan material kaca, serta baja. Alasan yang paling utama masjid ini disebut dengan masjid kristal, karena cahaya dari matahari akan memantul ke kaca dan membuat masjid ini berkilau layaknya kristal. Masjid Kristal ini  akan nampak keindahannya pada siang hari , yang mana keindahannya akan muncul dari bayangan sebuah masjid yang memantul pada permukaan danau. Untuk pengunjung yang ingin melihat keindahan yang lain dari masjid ini apabila pengunjung mengitari pulau tsb menggunakan perahu layar. Kemegahan masjid ini tidak dilihat dari luas ukurannya tetapi juga dengan arsitektur didnding pada masjid ini yang berhiasi oleh kaligrafi yang indah. Selain itu juga ada kubah yang menambah kesan elok masjid ini . Kubah itu sendiri sudah ada dari tahun 2008. Masjid Kristal ini mempunyai 1 kubah utama dan ada beberapa kubah kecil yang mengelilingi kubah utama. Dan yang tidak terlewatkan ada empat menara yang berada di setiap sudut masjid ini. Kubah serta menara ini kalau dilihat dari kejauhan akan nampak seperti permata atau kristal yang berkilauan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *