Desain Kubah Masjid

Masjid yaitu tempat untuk melaksanakan ibadah umat muslim. Untuk mendesain suatu masjid yang indah tentu di butuhkan para kontraktor kubah masjid yang handal dan mesti memerhatikan banyak hal, yakni dalam bagian keindahannya mesti menghadirkan corak dari agama islam tersebut pastinya. Sekarang ini beberapa orang yang berlomba untuk membuat masjid ataupun musholla  supaya banyak orang-orang yang mendekatkan diri pada Allah SWT. Kubah sendiri sesungguhnya bukanlah warisan murni dari agama islam tetapi kubah pada jaman dulu juga dipakai menjadi hiasan eksterior bangunan gedung serta tempat peribadatan orang non muslim juga memakai kubah.

Desain Kubah

Kubah merupakan arsitektur yang dipakai dalam bangunan masjid dan membuat bangunan masjid lebih indah dan megah seperti arsitektur kubah masjid emas. Kubah ada yang berbentuk separuh lingkaran ada yang berbentuk kerucut serta ada yang berbentuk menyerupai piringan. Sebelum buat kubah hal yang butuh di perhatikan untuk mendesain kubah masjid  yaitu bahan yang juga akan dipakai dalam membuatnya. Setelah itu dalam mendesain kubah, terutama kubah masjid mesti memerhatikan kombinasi warna yang juga akan dipakai, jika warna yang digabungkan tidak cocok maka kubah yang bakal dibuat juga kurang enak untuk dilihat. Karna kubah adalah ornamen puncak yang ada pada bangunan masjid, oleh karenanya dibutuhkan seorang kontraktor kubah masjid agar hasilnya semenarik mungkin supaya orang  yang memandangnya terpukau. Jenis dari kubah sendiri berbagai macam ada yang berupa limas, 1/2 ingkaran dan segitiga. Beragamnya jenis dari kubah masjid dikarenakan dipengaruhi oleh akulturasi dari arsitektur masjid di timur tengah. Bentuk dari kubah sekarang ini tidak terlepas dari mengembangnya pengetahuan arsitektur islam yang berada di semua dunia. Diluar itu kubah juga dijadikan menjadi symbol atau cirri khas pada bangunan masjid. Banyak factor yang memengaruhi macam dari bentuk kubah, tetapi yang paling memengaruhi macam- macam bentuk kubah yaitu cirri khas dari suatu daerah tersebut. Tiap-tiap lokasi pastinya mempunyai cirri ciri khas sendiri, bukan? Oleh karenanya bangunan yang berdiri di daerah itu mempunyai keeunikan sendiri.  Type kubah juga melukiskan waktu membuatnya, karna tiap-tiap periode pastinya mempunyai cirri dari suatu bangunan yang tidak sama. Factor beda yang memengaruhi bentuk kubah yakni kwalitas dari bahan yang dipakai dan type bahannya dapat juga memengaruhi bentuk kubah yang juga akan dibuat. Bahan untuk pembuatan kubah juga bermacam- jenis. Salah satunya adalah kubah berbahan panel, kubah panel sendiri mempunyai paduan motif warna yang demikian indah serta dengan keindahannya itu dapat menaikkan nilai estetiks dari kubah itu.

Arsitektur Dari Masjid

Arsitektur masjid pada jaman Rasullullah dapat juga dikelompokkan kedalam desain masjid yang minimalis cuma hanya ada di tanah lapang serta di buat pembatas dikiri kanannya, serta ketika itu kubah juga belum juga dipakai. Sedang arsitektur pada jaman saat ini telah ikuti perubahan jaman. Tempat yang minim atau tidak demikian luas juga dapat dijadikan jadi masjid. Namun umumnya  orang menyebutnya sebagai musholla. Walau bangunan musholla juga memerlukan satu kubah yang nanti  kubah itu dipakai jadi pemberi tanda dengan terdapatnya tempat melaksanakan ibadah itu atau musholla tersebut.  Tidak hanya dipakai untuk penanada, musholla juga berperan semestinya bangunan masjid seperti dipakai untuk aktivitas pengajian. Ornamen untuk masjid minimalis umumnya juga komplit karna dengan kelengkapan sarana yang didapatkan juga akan buat orang yang melaksanakan ibadah didalamnya khusuk dalam menggerakkan ibadahnya. Desain masjid minimalis ini umumnya diaplikasikan di daerah atau ditempat yang minim akan tanah yang akan dipakai untuk membuat suatu masjid.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *